BBM Akhirnya Naik 28,7%

23 05 2008

Akhirnya datang juga yang ditunggu-tunggu…

23/05/08
21:30 WIB
Pemerintah yang diwakili 10 Menteri negara mengumumkan kenaikan harga BBM dengan mengadakan konferensi pers kepada media massa di DepKeu RI. Pembacaan keputusan kenaikan BBM dibacakan oleh Menteri ESDM Bapak Purnomo Yusgiantoro. Penetapan harga baru BBM berlaku mulai pukul 00:00 tanggal 24 Mei 2008, dengan rincian sebagai berikut:

Besin Premium Rp.6000,-/liter
Solar Rp.5500,-/liter
Minyak Tanah Rp.2500,-/liter

Suasana :
Baik-baik saja tidak terlihat bersalah dan memang mereka pandai bersilat lidah

Fakta :
Dengan dinaikannya harga BBM (baik dunia maupun lokal), pemerintah memperoleh “rejeki nomplok” sebesar 41 M, namun subsidi yang diberikan hanya sebesar 9 M. Ini dikemukan langsung oleh MenKeu dalam konferensi tersebut.

Alasan utama kenaikan BBM adalah untuk mengurangi beban defisit APBN, gara-gara mensubsidi BBM. Padahal dalam nota anggaran keuangan negara di awal tahun menyebutkan bahwa “setiap kenaikan harga minyak dunia sebesar 1 USD, maka negara untung 50 M” (gitu si kata orang2 parlemen), jadi secara finansial tidak ada alasan yang kuat untuk menaikan BBM.

Sebelum malam ini, ada 4 opsi pemerintah untuk menyikapi naiknya harga minya dunia…tapi alih2 mengkaji mana yang terbaik jadi bikin pusing, ya udah ambil langkah praktis aja…naikkan harga!!

Pertanyaan :
Kenapa bukan Bapak Presiden kita saja yang menyampaikan keputusan ini? emang susah ya apa malu karena melanggar janji sendiri? ga tau juga tu..lagi tidur kali

Kenapa tidak dijelaskan secara sederhana kemana selisih uang penerimaan dan subsidi itu di alokasikan?
Apakah ini adalah kenaikan harga yang terakhir atau ada lagi di tahun2 berikutnya? wah jadi berpikir yang ngga2

Apakah program-program kompensasi yang dilakukan cukup efektif bagi rakjat miskin dan menengah ke bawah? atau itu hanya indah saat diucapkan saja…
udah akh ga ngerti…

Tapi apa yang mau dikatakan…
Kita protes baik-baik ga digubris…
Kita protes yang anarkis juga ga boleh…
Kita protes ga makan juga ga dipedulikan…

Trus, gimana lagi caranya?

Iklan

Aksi

Information

5 responses

23 05 2008
namakuananda

Pemerintah kita sudah berhasil mengangkat orang miskin dari “Dibawah garis kemiskinan menjadi di garis kemiskinan”. Udah gelap ngga’ ada minyak. 🙂

23 05 2008
galigongli

Ehmm…bagus…bagus..
Jadi slogan bersama kita bisa, terbukti berhasil membuat
rakjat kecil bisa mati kelaparan
bisa putus sekolah karena ga sanggup bayar spp
bisa gila karena kebutuhan sehari-hari bergejolak
bisa bunuh diri karena ga tau harus gimana lagi

29 05 2008
Ada BLT ada pula BKM « Blogger IPB

[…] ikutan aksi di jalan tapi kok kondisinya beda di blog ini… Ga ada komentar apa-apa tentang BBM…(+ thingking aja dech mungkin lagi pada […]

3 06 2008
Hollis

Hollis says : I absolutely agree with this !

20 06 2008
Theurgical

Somehow i missed the point. Probably lost in translation 🙂 Anyway … nice blog to visit.

cheers, Theurgical!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: